Apr 4, 2015

#Selfie; Dibalik Cerita Mertua dan Menantu

Saya bukan tipe manusia yang doyan nyelfie. Rasa-rasanya wajah ini bukan tipe kameragenic deh. Jadi kalau ketemu kamera udah otomatis saja mata meleng kemana-mana. Hahaha… Semoga bukan termasuk manusia langka ditengah badai narsisme yang melanda yaaa..

Dan berhubung foto selfie saya itu langka dan susah di dapat, setelah ubek-ubek puluhan kali pun, yang ketemu ya Cuma ini. Dan melihat foto ini pun ingatan saya masih jelas, kenapa saya nekat nyelfie meskipun cermin di depan saya ketawa cekikikan melihat saya kaku di depan kamera.
Jadi ceritanya nekat nyelfie ini karena saya sedang keGR’an. Hidung saya kembang kempis, kepala saya sudah mau menyentuh langit-langit. Untung leher saya kokoh, jadi Alhamdulillah kepala saya masih utuh ada di tempatnya. Hahaha… Mumpung Pede lagi di level tertinggi, ngacirlah saya nyelfie di wastafel toilet seperti kebanyakan foto selfie yang kekinian itu.

Kenapa saya bisa ke-GR’an. Begini ceritanya… Duduk manis, ambil teh atau kopi, baca cerita saya yaa… Beberapa hari sebelum tragedi nyelfie yang gagal itu, saya sempat gondok berat, pundung istilahnya, sama mertua. Kejadian selisih pendapat mertua-menantu bukan hal yang baru dunk yaa.. Ketidak cocokan mertua dan menantu itu bukan sekedar mitos atau cerita sinetron 1000 episode saja. Karena saya ini manusia yang sebenarnya pengen jadi spesies yang antimainstream, jadi saya pun selalu memilih untuk berdamai dengan mertua. Nah.. lha kok ya ndilalah kersane Gusti Allah, ketika itu mertua saya mau mantu adik ipar saya, dan sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan segala perintilan, Saya ini masih sempat-sempatnya pundung. Menantu macam apa coba saya ini?! Alasan pundungnya?! Saya dapat jatah baju seragam keluarga yang sebenarnya kain brokatnya itu cantiiiik sekali kalau dijahit jadi dress. Mertua saya request saya untuk jahit kebaya klasik dengan mewarisi saya jarit lipit model klasik yang pernah beliau pakai ketika menikah dulu. Sudah wajah saya ini ndeso habis, badan cungkring macam lidi layu, diminta pakai kebaya-jarit lipit, apa iya cocok?! Jangan-jangan saya nanti dikira tiang bendera salah tempat?! Bagaimana kalau saya jadi bahan cibiran karena bodi yang tak pernah semlohai ini?! Alamaaaakkk… ini namanya pembunuhan karakter berencana. Dan karena itu pundunglah saya.

Namun, setelah melewati perenungan, do’a, dan meditasi panjang, akhirnya Allah berkenan membukakan mata hati saya. Buat apa saya harus repot-repot pundung hanya karena baju yang dipakai beberapa jam saja? Toh itu hanya baju yang masih bisa dilepas. Toh pakainya juga hanya beberapa jam saja. Jika saya bersedia memakai baju itu, mungkin saja kenangan manisnya membahagiakan mertua bisa terus terbawa seumur hidup beliau. Suami saya pernah berkata, mustinya kita bersyukur, diberi kesempatan untuk membahagiakan orang tua bukan dengan pengorbanan berdarah-darah, bukan dengan memberikan harta yang berlimpah, tapi dengan cara yang jauh lebih mudah. Salah satunya dengan cukup memakai baju beberapa jam saja, sesuai dengan yang beliau inginkan. Subhanallah yaaa…

Singkat cerita, saya pun akhirnya mau ke tukang jahit dan menjahitkan baju dengan model sesuai keinginan mamah mertua. Hari H pun saya juga mengenakan jarit lipit yang diberikan mamah mertua untuk saya pakai. Seusai acara make-up yang membosankan, saya pun berusaha melangkah ayu ke dekat panggung dan menempati posisi yang sudah di amanahkan ke saya. Saya ikhlaskan tubuh kurus masai saya, jika memang harus nampak seperti lidi layu. Semoga tak seburuk pikiran saya. Untuk menyamarkannya, saya tersenyum lebar-lebar dan berjalan lebih tegak. Paling tidak bukan seperti lidi layu, tapi lidi kaku. Hahaha..

Alhamdulillah… Sambutan yang saya terima sungguh diluar dugaan. Teman-teman mamah ternyata banyak yang memuji mamah (bukan saya) dengan bilang, beruntungnya ibu punya menantu yang cantik-cantik. Meskipun bukan saya yang diajak bicara, boleh dunk saya ikutan GR. Bagaimanapun juga saya kan salah satu menantunya. Haha…  Murah sekali ya harga percaya diri saya. Gak dipuji langsung aja, hidungnya sudah kembang kempis, kepala sudah seperti balon terbang. Gimana kalau dipuji langsung coba?! Hehehe… Karena yang bilang bukan hanya 1-2 orang teman mamah, saya pun jadi penasaran juga. Apa iya saya kelihatan cantik hari itu? Karena sejak di make-up tadi saya sudah musuhan sama cermin, dan gak mau melihat cermin, akhirnya penasaran juga dunk. Seperti apa sih wajah saya? Apakah hidung saya masih normal bentuknya?! Ngacirlah saya ke toilet, dan nyelfie di wastafel biar lebih heitss.. Oalaaahh lha kok ya nasib HP jadul, kamera seadanya. Coba punya HP Smartfren. Pasti hasilnya bisa lebih terang dan cetar membahana menggetarkan angkasa raya. Haha… Daaaan yang masih penasaran, inilah hasil nyelfie saya.

Hidung saya masih berukuran normal kan?! KEpala saya bagaimana? Masih normal juga kan?! Alhamdulillaaahh… Kalau menang dan dapat HP  Smartfren sepertinya saya harus mencoba untuk belajar nyelfie di kaca lift, biar makin eksis.
cerita ini diikutkan dalam lomba #selfiestory oleh Emak Gaoel dan Smartfren

12 comments:

  1. Good luck mak bwt lomba selfienya
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Wah cantik gitu kooookkk :) semoga menang dan makin romantis ama mama mertua yaaa hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aawww... makasih mak icha. Udah mau ngembang lagi nih kepalanya. haha... amin.. amin... :)

      Delete
  3. cantiiikk gituu mak...
    good luck yaa..
    hahahah aku baru ikutan masa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... matur thank you mak.. amin.. amin... Semoga sama-sama menang yaa.. xixi..

      Delete
  4. Haha gokil banget ceritanya....salam kenal. http://www.novawijaya.com/2015/04/selfie-story-in-beautiful-island.html

    ReplyDelete
  5. jarang banget nyelfie, tapi sekali bikin selfie cantik bingitsss Wittt.., suka!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaahhh.. kakak Zata, hidungku jadi bengkak niihh... hihihi.. mamacih!

      Delete